Standard Mutu Karet Sintetis
Jenis Karet Alam
Jenis-Jenis Karet Alam
Terdapat beberapa macam karet alam yang kebanyakan merupakan bahan olahan baik setengah jadi ataupun barang jadi. Jenis-jenis karet alam antara lain bahan olah karet, karet konvensional, lateks pekat, karet bongkah (block rubber), karet spesifikasi teknis (crumb rubber), karet siap olah (tyre rubber) dan karet reklim (reclaimed rubber).a. Bahan Olah Karet
Bahan olah karet adalah lateks kebun serta gumpalan lateks kebun yang diperoleh dari pohon karet. Yang termasuk bahan olah karet adalah lateks kebun, sheet angin, slab tipis dan lump segar yang dibagi berdasarkan pengolahannya.
Lateks kebun merupakan cairan getah yang dihasilkan dari proses penyadapan pohon karet dan belum mengalami pengolahan sama sekali. Lateks kebun yang baik harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :
Disaring dengan saringan berukuran 40 mesh.
Tidak terdapat kotoran atau benda-benda lain seperti daun atau kayu.
Tidak bercampur dengan bubur lateks, air ataupun serum lateks.
Warna putih dan berbau karet segar.
Lateks kebun mutu I mempunyai kadar karet kering 28% dan lateks kebun mutu 2 mempunyai kadar karet kering 20%.
Sheet Angin merupakan bahan olah karet yang dibuat dari lateks yang sudah disaring dan digumpalkan dengan asam semut. Jenis ini berupa karet sheet yang sudah digiling tetapi belum jadi. Ketentuan sheet angin yang baik adalah sebagai berikut :
Harus ada penggilingan pada gumpalan lateks untuk mengeluarkan air atau serumnya.
Gilingan kembang digunakan sebagai gilingan akhir
Kotoran tidak terlihat
Dalam penyimpanan tidak boleh terkena air atau sinar matahari langsung
Sheet angin mutu 1 mempunyai kadar karet kering 90% dan sheet angin mutu 2 mempunyai kadar karet kering 80%
Tingkat ketebalan pertama 3 mm dan tingkat ketebalan kedua 5 mm.
Slab Tipis merupakan bahan olah karet yang terbuat dari lateks yang sudah digumpalkan. Adapun ketentuan slab tipis yang baik adalah sebagai berikut :
Tidak terdapat campuran gumpalan yang tidak segar.
Air atau serum harus dikeluarkan baik dengan giling atau dikempa.
Tidak terlihat adanya kotoran.
Selama disimpan tidak boleh terendam air atau terkena sinar matahari langsung.
Slab tipis mutu I mempunyai kadar karet kering 70% dan slab tipis mutu 2 mempunyai kadar karet kering 60%.
Tingkat ketebalan pertama 30 mm dan tingkat ketebalan kedua 40 mm.
Lump Segar merupakan bahan olah karet yang bukan berasal dari gumpalan lateks kebun yang terjadi secara alamiah dalam mangkuk penampung. Lump segar yang baik harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :
Tidak terlihat adanya kotoran.
Selama disimpan tidak boleh terendam air atau terkena sinar matahari langsung.
Lump segar mutu 1 mempunyai kadar karet kering 60% dan lump segar mutu 2 mempunyai kadar karet kering 50%.
Tingkat ketebalan pertama 40 mm dan tingkat ketebalan kedua 60 mm.
b. Karet Konvensional
Jenis-jenis karet alam olahan yang tergolong karet konvensional adalah Ribbed Smoked Sheet, White and Pale Crepe, Estate Brown Crepe, Compo Crepe, Thin Brown Crepe Remills, Thick Blanket Crepes Ambers, Flat Bark Crepe, Pure Smoked Blanket Crepe dan Off Crepe.
Jenis karet konvensional yang banyak diproduksi adalah Ribbed Smoked Sheet atau disingkat RSS. Karet ini berupa lembaran sheet yang mendapatkan proses pengasapan dengan baik. RSS ini memiliki beberapa macam antara lain XRSS, RSS 1 hingga RSS 5.
c. Lateks Pekat
Lateks pekat berbentuk cairan pekat, tidak berbentuk lembaran atau padatan lainnya. Lateks pekat yang ada di pasaran dibuat dengan pendadihan atau creamed lateks dan melalui proses sentrifugasi. Lateks pekat banyak digunakan untuk pembuatan bahan-bahan karet yang tipis dan bermutu tinggi.
d. Karet Bongkah (Block Rubber)
Karet bongkah merupakan karet remah yang telah dikeringkan dan dikilang menjadi bandela-bandela dengan ukuran tertentu. Karet bongkah ada yang berwarna muda dan setiap kelasnya mempunyai kode warna tersendiri. Masing-masing negara memiliki standar mutu karet bongkah. Standar mutu karet bongkah untuk Indonesia tercantum dalam SIR (Standard Indonesian Rubber) yang dikeluarkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perdagangan No. 184/Kp/VI/88 Tanggal 25 Juni 1988.
e. Karet Spesifikasi Teknis (Crumb Rubber)
Crumb rubber merupakan karet alam yang dibuat khusus sehingga terjamin mutu teknisnya. Penetapan mutu berdasarkan pada sifat-sifat teknis dimana warna atau penilaian visual yang menjadi dasar penentuan golongan mutu pada jenis karet sheet, crepe maupun lateks pekat tidak berlaku.
Crumb Rubber dibuat agar dapat bersaing dengan karet sintetis yang biasanya menyertakan sifat teknis serta keistimewaan untuk jaminan mutu tiap bandelanya. Crumb Rubber dipak dalam bongkah-bongkah kecil, berat dan ukuran seragam, ada sertifikast uji laboratorium, dan ditutup dengan lembaran plastik polythene.
f. Tyre Rubber
Tyre rubber merupakan barang setengah jadi dari karet alam sehingga dapat langsung dipakai oleh konsumen, baik untuk pembuatan ban atau barang yang menggunakan bahan baku karet alam lainnya. Tyre rubber memiliki beberapa kelebihan dibandingkan karet konvensional. Ban atau produk produk karet lain jika menggunakan tyre rubber sebagai bahan bakunya memiliki mutu yang lebih baik dibandingkan jika menggunakan bahan baku karet konvensional. Selain itu jenis karet ini memiliki daya campur yang baik sehingga mudah digabung dengan karet sintetis.
g. Karet Reklim (Reclimed Rubber)
Karet reklim merupakan karet yang diolah kembali dari barang-barang karet bekas, terutama ban-ban mobil bekas. Karet reklim biasanya digunakan sebagai bahan campuran, karena mudah mengambil bentuk dalam acuan serta daya lekat yang dimilikinya juga baik. Pemakaian karet reklim memungkinkan pengunyahan (mastication) dan pencampuran yang lebih cepat. Produk yang dihasilkan juga lebih kukuh dan lebih tahan lama dipakai.
Kelemahan dari karet reklim adalah kurang kenyal dan kurang tahan gesekan sesuai dengan sifatnya sebagai karet daur ulang. Oleh karena itu kerat reklim kurang baik digunakan untuk membuat ban.
TELP : 0812-3306-9330 Distributor Karet Fender
Karet Fender Dermaga
• karet
fender V
• karet
fender Cell dan frontal frame
• karet
fender Cone dan frontal frame
• karet
fender Square
• karet
fender cylinder
• karet
fender M
• karet
fender D
Dengan berbagai ukuran masing karet fender dermaga
diatas dan pengiriman ke berbagai kota di Indonesia Jakarta, Manado, Semarang,
Kendari, Ternate, Ambon, Medan, Tanjung Pinang, Bali, Palu, Bitung, Makassar,
Kupang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Natuna, Batam, Surabaya, Gorontalo,
Manokwari, Sorong, Jayapura, Kupang, Cirebon, Padang, Banten, Palembang, Riau,
Lombok, Sorong, Samarinda,Padang, Cilegon.Rubber fender dermaga disuply
bersamaan dengan bollard, bolder dermaga besi cor tambatan kapal yang juga kami
sediakan semua detail rab, boq dapat dikirimkan kepada kami sebagai manufacture
produk karet fender dermaga selain itu kami juga menerima pemasangan dan
install karet fender dermaga frontal frame dan bollard , produk karet
konstruksi seperti :
Produk karet fender dermaga dan karet konstruksi
081233069330
bantalan karet jembatan / elastomeric bearing pads /
karet elastomer jembatan,rubber bumper gudang / karet bumper loading dock, karet
expansion joint / karet dilatasi, karet dapra kapal, karet graving dock
landasan karet strip jembatan, bollard dermaga
dengan segala model bentuk dan ukuran kami dapat
memproduksi kebutuhan karet konstruksi
jembatan, dermaga, bangunan di Indonesia.spesifikasi dan kebutuhan dapat
hubungi kami :
CV.Gada Bina Usaha – Andreas – Fast Respon WA
Dengan
Workshop Pabrik yang jelas bisa disurvey klik – Peta
Workshop Gada Bina Usaha
Produk rubber fender dermaga, karet elastomer
jembatan, karet bumper loading dock, karet dapra kapal, bollard, karet
expansion joint web lengkap : https://karetkonstruksi.co.id/
Fungsi Elastomeric Bearing Pads
Fungsi Elastomeric Bearing Pads
Elastomeric Bearing Pad atau Bantalan Penahan Jembatan Elastomer, merupakan salah satu jenis dari bantalan penahan jembatan. Bantalan penahan jembatan diperlukan untuk menyalurkan reaksi beban dari girder (balok penopang jembatan) tanpa memberi tekanan berlebihan sehingga akan mendukung fungsi jembatan sebagaimana mestinya.Elastomer Jembatan terbagi menjadi dua jenis, yaitu
- Plain Elastomeric Bearing Pad (hanya terdiri dari elastomer) dan
- Laminated ( Steel Reinforced) Bearing Pad (terdiri dari laminasi baja dan elastomer )
Elastomeric Bearing Pad
Elastomer Bearing Pad bersifat elastis dan fleksibel, Bearing pad jenis ini akan mengikuti alur tekanan yang diberikan pada jembatan, memanjang dan memendek, dan dapat kembali ke bentuk semula ketika tekanan dilepaskan. Elastomer bearing pad didesain untuk menyangga beban dan mengakomodasi pergerakan antara jembatan dan struktur penyangga jembatan. Elastomer bearing pad memiliki kegunaan membantu menahan tekanan dari struktur girder.Pada jembatan, seringkali dapat terjadi pergerakan disebabkan karena :
Perubahan temperatur
Pergerakan karena lalu lintas dan pengereman
Angin
Penyusutan
Post stressing
Seismic action
Elastomeric bearing pad berfungsi untuk menampung berbagai macam pergerakan dan rotasi sesuai dengan berat dari struktur dan menyangga beban di sepanjang fondasi struktur jembatan. Elastomeric bearing didesain untuk mengakomodasi atau menahan tiga tipe pergerakan, antara lain :
1. Beban Vertikal Jembatan
Beban Vertikal
2. Rotasi Jembatan
Beban Rotasi Elastomeric Bearing Pad
3. Beban horizontal atau translasi
Beban Horizontal Elastomeric Bearing Pad
Pemesanan Karet Elastomer Jembatan
dengan segala model bentuk dan ukuran kami dapat memproduksi kebutuhan karet konstruksi jembatan, dermaga, bangunan di Indonesia.spesifikasi dan kebutuhan dapat hubungi kami :
CV.Gada Bina Usaha – Andreas – Fast Respon WA
https://wa.me/6281233069330
Dengan Workshop Pabrik yang jelas bisa disurvey klik – Peta Workshop Gaada Bina Usaha
Produk rubber fender dermaga, karet elastomer jembatan, karet bumper loading dock, karet dapra kapal, bollard, karet expansion joint web lengkap : https://karetkonstruksi.co.id/
Elastomeric Bearing Pad pada Abutmen Jembatan
ELASTOMERIC BEARING PAD DAN ABUTMENT
Elastomer Jembatan dan Abutmen |
Jembatan Rangka Batang (Truss)
Jembatan Rangka Batang (Truss)
Jembatan Rangka Batang (Truss) terdiri dari dua rangka bidang utama yang diikat bersama dengan balok-balok melintang dan pengaku lateral. Rangka batang pada umumnya dipakai sebagai struktur pengaku untuk jembatan gantung konvensional, karena memiliki kemampuan untuk dilalui angin (aerodinamis) yang baik. Beratnya yang relatif ringan merupakan keuntungan dalam pembangunannya, dimana jembatan bisa dirakit bagian demi bagian.Jembatan rangka batang jarang terlihat memiliki estetika yang baik, namun untuk jembatan rangka yang panjang dan besar faktor itu tidak begitu kentara karena pengaruh visual dalam skala besar. Contoh terkenal dari jembatan rangka batang baja yang artistik adalah jembatan Sydney Harbour di Australia dan jembatan New River George di West Virginia (USA), dimana keduanya merupakan jembatan rangka batang yang berbentuk pelengkung.Jembatan rangka batang ada beberapa tipe. Disain, lokasi, dan bahan-bahan peyusunnya menentukan tipe rangka batang apa yang akan dipakai. Pada awal masa revolusi industri, jembatan balok dengan tambahan rangka batang berkembang sangat cepat di Amerika. Salah satu rangka batang yang terkenal adalah rangka batang Howe, yang dipatenkan oleh William pada tahun 1840. Inovasinya merupakan perkembangan dari rangka batang Kingpost, bedanya ditambahkan batang vertikal diantara batang diagonalnya.
Tipe-tipe Rangka Batang
Kelebihan Jembatan Rangka BatangGaya batang utama merupakan gaya aksialDengan sistem badan terbuka (open web) pada rangka batang dimungkinkan menggunakan tinggi maksimal dibandingkan dengan jembatan balok tanpa rongga.
Kedua faktor diatas menyebabkan pengurangan berat sendiri struktur.Disamping itu, ukuran yang tinggi juga mengurangi lendutan sehingga struktur lebih kaku. Keuntungan ini diperoleh sebagai ganti dari biaya pabrikasi dan pemeliharaan yang lebih tinggi. Jembatan rangka batang yang konvensional paling ekonomis untuk bentang sedang.Kelemahan Jembatan Rangka batangEfisiensi rangka batang tergantung dari panjang bentangnya, artinya jika jembatan rangka batang dibuat semakin panjang, maka ukuran dari rangka batang itu sendiri juga harus diperbesar atau dibuat lebih tinggi dengan sudut yang lebih besar untuk menjaga kekakuannya, sampai rangka batang itu mencapai titik dimana berat sendiri jembatan terlalu besar sehingga rangka batang tidak mampu lagi mendukung beban tersebut
Perbedaan antara Elastomer Jembatan Tipe Polos dan Elastomer Jembatan Tipe Laminasi
Perbedaan antara Elastomer Jembatan Tipe Polos dan Elastomer Jembatan Tipe Laminas
Kemampuan elastomer karet jembatan laminasi meningkat daripadaElastomer Karet JembatanTipe Polos dikarenakan adanya lapisan laminasi
Stainless / Baja pada bagian dalamnya
Bagaimana Elastomeric Bearing Pads Tipe Polos dan Tipe Laminasi
bereaksi terhadap beban vertikal ( Terlihat pada Gambar dibawah ini ).
Elastomeric Bearing Pads Tipe Polos ( tanpa Plat ) dikompresi beban vertikal ke bawah
di mana Karet mengembang dan Elastomeric Bearing Pad Tipe laminasi (dengan Plat )
terlihat bahwa Lapisan Plat menyerap sebagian besar beban vertikal
(Gambar 3).
Gada Bina Usaha Elastomeric Bearing Pads dirancang, diproduksi dan mengikuti persyaratan SNI 03-3967-2008 dan AASHTO M 251 – 04.
Gada Bina Usaha menggunakan Natural Rubber dan Synthetic Rubber untuk membuat Elastomeric Bearing Pads.
Kami memiliki berbagai tipe ukuran Elastomeric Bearing Pads standard yang kiranya dapat memenuhi kebutuhan dan sangat senang membantu untuk merancang ataupun memproduksi Elastomeric Bearing Pads special sesuai spesifikasi anda.
Kontak kami untuk kebutuhan Elastomeric Bearing Pads (Elastomer Perletakan Jembatan) anda.
PRODUK -
Karet Konstuksi - Gada Bina Usaha 081233069330
bantalan
karet jembatan / elastomeric bearing pads / karet elastomer jembatan, rubber
bumper gudang / karet bumper loading dock, karet expansion joint / karet dilatasi,
karet dapra kapal, karet graving dock, landasan karet strip jembatan, bollard
dermaga
dengan segala
model bentuk dan ukuran kami dapat memproduksi kebutuhan karet konstruksi jembatan, dermaga, bangunan di
Indonesia.spesifikasi dan kebutuhan dapat hubungi kami :
CV.Gada Bina
Usaha – Andreas – Fast Respon WA
Dengan
Workshop Pabrik yang jelas bisa disurvey klik – Peta Workshop Gaada Bina Usaha